Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama anak ketika bulan Ramadhan

Puasa memang merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam, tetapi jika masih anak-anak mereka belum dianjurkan untuk menjalaninya. Tetapi, di Indonesia sendiri anak-anak biasanya telah diajarkan bagaimana doa berbuka puasa, do’a sahur dan bahkan diajarkan untuk berpuasa. Saat diajarkan berpuasa tentunya mereka bertanya-tanya untuk apa melakukan hal tersebutm, wajar saja karena mereka belum mengetahui manfaat dari berpuasa itu sendiri. Nah mereka biasanya juga kerap kali mengeluh karena lapar dan haus, sedangkan waktu berbuka masihlah sangat jauh. Kali ini kami memiliki solusi agar lapar dan haus sang anak teralihkan, bagi kalian yang penasaran, simak ulasannya sebagai berikut.

1.Belajar mengaji

Kegiatan menyenangkan yang peratma yaitu mengaji atau belajar mengaji. Kalian para orang tua bisa mengalihkan rasa laparnya dengan belajar mengaji atau mengaji, hal ini sekaligus menjadi hal yang bermanfaat untuknya karena mereka akan lebih lancara membaca Al-Qur’an dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Tentunya kegiatan ini juga mengudang pahala yang berlimpah ketika dijalani bersama anak, sebab satu huruf dalam Al-Qur’an jika dibacakan maka sama saja dengan 10 kebaikan. Wah-wah benar-benar kegiatan yang bermanfaat bukan?

2.Membaca buku

Kegiatan kedua yaitu membaca buku, kita sebagai orang tua tentunya sudah mengetahui bahwa buku adalah sumber ilmu. Ketika kita melakukan kegiatan ini maka anak akan teralihkan laparnya karena terlalu fokus dengan buku, hal ini juga sekaligus menambah pengetahuan sang anak terhadap buku yang dipelajar bersama-sama. Jika kita rutin melakukan kegiatan ini bersama anak, maka hal ini akan menjadi kebiasaan yang positif, memang cukup sulit membuatnya mau untuk belajar tetapi, kalian bisa mengajaknya dengan nada yang menyenangkan atau lembut.

3.Menggambar dan mewarnai

Kalau kegiatan yang ini sih sepertinya semua anak suka dan kita tidak perlu merayunya untuk melakukannya. Kalian dapat mengalihkan rasa lapar dan hauis sang anak dengan kegiatan menggambar dan mewarnai bersama. Sebenarnya menggambar dan mewarnai juga kegiatan yang positif untuk anak-anak sebab, dengan mewarnai kita bisa tau minat dan bakat sang anak. Kegiatan ini juga sekaligus dapat mengasah kemampuan kreatifitas anak saat ia menjalaninya dengan rutin dan mungkin saja ini bisa membuka peluangnya untuk menjadi seniman.

4.Memasak

Mungkin kegiatan ini terdengar cukup aneh ketika puasa, tetapi sebenarnya jika kegiatan memasak dilakukan dengan menyenangkan maka sang anak akan lupa akan rasa laparnya. Apalagi, jika anak kita adalah anak perempuan, pastinya mereka akan menyukai kegiatan memasak. Tetapi kita juga perlu melihat usia sang anak, apakah anak sudah mampu mengerti atau belum bahwa puasa tidak boleh mengeluh lapar dan haus. Kalian sebagai ibu bisa mengajarinya bagaimana cara memasak yang benar, sehingga anak memiliki pengetahuan akan hal itu.

5.Olahraga

Kegiatan terakhir yaitu berolahraga, mungkin kegiatan ini sama anehnya dengan kegiatan sebelumnya. Eitss tunggu dulu, berolah raga yang dimaksud adalah berolahraga ringan, seperti bermain bola dihalaman rumah, bermain sepeda dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dijamin efektif untuk mengalihkan rasa lapar dan haus anak jika dilakukan di waktu yang tepat seperti sore hari menjelang waktu berbuka.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama anak ketika puasa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan, terimakasih.

Leave a Comment